Konfigurasi IP Address Statis pada Ubuntu Server 22.04

Pada artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara Konfigurasi IP Address Statis di Ubuntu Server 22.04. Sebelum melakukan konfigurasi pastikan dulu kamu sudah mengetahui Nama Interface, IP Network (IP Address, Subnet Mask, dan Gateway), dan DNS pada jaringan yang sedang kamu gunakan saat ini.

Dalam menjelaskan artikel ini saya menggunakan:

  • Nama Interface: ens18
  • IP Network: 192.168.100.0/24
  • DNS: 192.168.100.254

Cover

IP Address

IP Address adalah alamat yang diberikan jaringan untuk perangkat jaringan yang menggunakan protokol TCP/IP. Adanya IP Address berfungsi agar setiap perangkat yang terhubung pada sebuah jaringan dapat saling mengenali dan bisa saling berkomunikasi atau bertukar informasi yang dibutuhkan.

IP Address Static (Manual) merupakan IP Address yang harus kita buat sendiri pada perangkat jariangan yang sedang kita gunakan. Sedangkan IP Address Dynamic (Automatic) merupakan IP Address yang dibuat secara otomatis, yang dimana IP Address sudah di setting pada sebuah perangkat sebelum device yang kita gunakan.


Konfigurasi IP Address Static pada Ubuntu Server 22.04

Langkah Pertama: Pastikan terlebih dahulu nama interface yang akan di berikan IP Address. Gunakan perintah berikut:

ifconfig

Maka akan muncul tampilan seperti dibawah dan kamu dapat melihat nama interface pada Ubuntu Server yang sedang kamu gunakan.

Cover
Jika tidak muncul seperti tampilan di atas, maka perintah ifconfig tidak dapat di jalankan karena package belum terinstall. Untuk itu jalankan perintah di bawah untuk menginstall package yang dapat menjalankan perintah ifconfig.
sudo apt install net-tools

Langkah Kedua: Konfigurasi IP Address pada Ubuntu Server.

Setelah mengetahui nama interface, selanjutnya konfigurasi pada file 00–installer-config.yaml. Gunakan perintah dibawah ini:

sudo nano /etc/netplan/00-installer-config.yaml
Cover

Langkah Ketiga: Ubah konfigurasi default seperti diatas menjadi seperti dibawah ini:

Cover
  • ens18: Nama interface yang saya gunakan.
  • dhcp4: False (Untuk menonaktifkan fitur DHCP pada Ubuntu Server). Biasanya digunakan untuk pengaturan IP Address secara Statis. True (Untuk mengaktifkan fitur DHCP pada Ubuntu Server). Biasanya digunakan untuk pengaturan IP Address secara Dynamis.
  • addresses: Untuk mengisi IP Address yang ingin kamu gunakan.
  • gateway4: Untuk mengisi Gateway pada jaringan yang sedang kamu gunakan.
  • nameservers: Untuk mengisi DNS pada jaringan yang sedang kamu gunakan.

Saya ingatkan kembali, sebelum konfigurasi IP Address secara Static (Manual) kamu wajib mencari tau terlebih dahulu berapa IP Address, Subnet Mask, Gateway, dan DNS pada jaringan yang sedang kamu gunakan sekarang!

Langkah Keempat: Simpan hasil konfigurasinya dengan menekan tombol Ctrl+X, Y, lalu [Enter]

Langkah Kelima: Setelah konfigurasi selesai, selanjutnya untuk menerapkan konfigurasi gunakan perintah berikut:

sudo netplan apply

atau kamu bisa menggunakan perintah dibawah ini untuk melihat proses debuggingnya.

sudo netplan -debug apply

Langkah Keenam: Silakan cek kembali IP Address.

ifconfig
Cover

Jika IP Address belum berubah sesuai konfigurasi silakan, kemungkinan ada konfigurasi yang salah atau perlu di Reboot terlebih dahulu Ubuntu Server dengan perintah dibawah.

sudo reboot

Demikan artikel yang saya buat ini tentang Konfigurasi IP Address Statis pada Ubuntu Server 22.04. Semoga bermanfaat dan jika masih belum paham atas penjelasan saya pada artikel ini bisa langsung tanyakan pada kolom komentar dibawah. Terima kasih!

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.